Tips Memilih Niche Yang Tepat Untuk Blog Baru Anda

Sebelum membuat blog, hal terpenting yang harus Anda lakukan ialah menentukan atau memilih niche untuk calon blog gres yang akan Anda buat. Dengan memilih niche Anda akan lebih mudah dalam melaksanakan postingan atau menulis sebuah artikel di blog Anda. Maka niche sangatlah perperan penting dalam kemajuan blog Anda.

Ketika Anda akan menentukan/memilih niche blog, hal yang perlu Anda fikirkan ialah apa yang kau suka (hobby) dan apa yang kau kuasai (ilmu yang cukup). Dengan berfikir begitu, Anda akan lebih mudah dalam menentukan niche yang tepat dalam blog Anda.

cara memilih niche blog


Niche blog sangat beragam, ada niche yang cocok untuk Google adsense dan ada juga niche yang cocok untuk berbisnis dan sangat menguntungkan. Tetapi bila Anda masih tergolong anak gres di dunia blogging, lebih baik Anda mengambil tema (niche) dari hobby Anda dan terserah apa itu hobby Anda, asalkan Anda suka pasti lebih mudah dalam membangun situs Anda kelak.

Tips Awal Memilih Niche Blog

Berikut ini ialah langkah awal yang perlu Anda ambil sebelum memilih niche untuk blog Anda.

1. Apa yang anda minati?

Anda jangan berpikir perihal hal lain dulu, mulailah memilih niche yang Anda minati terlebih dahulu, semua itu untuk mempermudah Anda dalam menulis sebuah artikel, bisa berupa perihal langsung atau juga perihal sebuah pekerjaan Anda ketika ini.

Mulailah dengan berpikir perihal hal-hal yang Anda gemari. Sebagai contoh, mungkin Anda ialah seorang fotografer amatir. Fotografi blogging bisa menjadi pola besar dalam mempertimbangkan untuk membuatkan foto, membuatkan pengetahuan fotografi Anda, atau membuatkan pengalaman Anda dengan teknologi kamera.

Selanjutnya, pikirkan hal-hal yang akan Anda nikmati mencar ilmu lebih banyak tentang. Sebagai contoh, mungkin Anda selalu tertarik dalam bidang memasak. Bahkan jikalau Anda tidak memiliki waktu atau anggaran untuk memulai sekolah memasak, Anda dapat memulai menulid di sebuah blog di mana Anda menganalisis resep yang Anda temukan secara online, membahas bagaimana memilih bahan-bahan yang sempurna, dan menimbang manfaat organik dibandingkan materi transgenik.

Akhirnya, berpikir perihal hal-hal yang sudah menyelam jauh ke dalam. Sebagai contoh, mari kita mengatakan bahwa Anda ialah orang remaja yang akan kembali untuk menyelesaikan gelar Anda di perguruan tinggi tinggi. Anda mungkin akan melaksanakan banyak penelitian di kampus dibandingkan program-program online, untuk memilih universitas apa, bagaimana untuk menerima kembali ke semangat belajar, dan sebagainya. Ini ialah topik yang besar untuk niche blog perihal pendidikan tinggi.

Pada titik ini, Anda harus memiliki beberapa wangsit niche yang indah untuk di terapkan di blog Anda. Namu bila Anda belum yakin perihal satu wangsit niche tersebut, Anda bisa melanjutkan petanya berikutnya lagi di bawah ini.

2. Apakah ada orang lain yang tertarik dengan wangsit Anda?

Fotografi, memasak, dan pendidikan tinggi ialah semua topik yangsudah Anda tahu dan pahami. Tapi bagaimana jikalau Anda telah memilih topik yang Anda tidak yakin akan diminati dengan orang lain? Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah orang lain akan tertarik pada niche Anda yang sudah di pilih.

Yang pertama ialah Google AdWords Keyword Planner . Alat penelitian kata kunci gratis ini akan memungkinkan Anda untuk mencari kata kunci yang berafiliasi dengan niche Anda dan menerima volume pencarian untuk kata kunci yang masih terkait.

Selanjutnya ialah UberSuggest . Ketika orang mencari sesuatu di Google, maka akan muncul sepuluh situs yang menulis perihal artikel yang sedang anda ketikkan kata kunci. Masukkan kata kunci niche Anda dan Anda akan melihat apa yang disaran oleh Google untuk kata kunci Anda ditambah setiap aksara dari alfabet. Jika Anda menerima sepuluh hasil untuk setiap huruf, maka Anda tahu apa yang ingin Anda lakukan.

Amazon alat penelitian niche besar juga. Lakukan pencarian untuk niche Anda untuk menemukan buku-buku perihal itu. Lihatlah jumlah buku yang tersedia, ditambah berapa jumlah setia tinjauan untuk buku tersebut. Ini akan membuat Anda tahu bahwa orang-orang yang mencari berita perihal niche Anda di Amazon, mungkin mereka akan mencari di blog juga.

Lakukan diskusi di forum forum seberapa banyak orang tertarik pada niche Anda tersebut. Jika masih kurang menyerupai yang Anda targetkan silahkan baca pertanya berikutnya.

3. Dapatkah niche Anda menghasilkan uang?

Jika tujuan Anda membuat sebuah blog ialah untuk menerima penghasilan, maka Anda harus memastikan niche tersebut bisa menghasilkan uang. Jika ada sesuatu yang bisa dibeli terkait dengan niche Anda, maka jawabannya ialah ya.

Mari kita kembali ke contoh dari sebelumnya. Orang yang tertarik dalam fotografi cenderung membeli peralatan kamera, buku-buku perihal bagaimana untuk mengambil foto yang lebih baik, dan kursus perihal cara untuk mengambil foto yang lebih baik. Orang yang tertarik dalam memasak kemungkinan membeli perlengkapan memasak, buku masak, dan pelajaran memasak. Orang tertarik akan kembali ke perguruan tinggi tinggi cenderung membeli buku pelajaran, laptop, dan perangkat lunak perkantoran.

Jika sesuatu bisa dibeli dalam kaitannya dengan niche yang Anda pilih, hal tersebut dapat memudahkan Anda dalam urusan ekonomi kegiatan afiliasi dari sebuah perusahaan onlain menyerupai Amazon. Banyak barang barang yang bisa Anda jual dari Amazon dan itu cocok dengan niche Anda, hal tersebut mempercepat penghasilan Anda mengalir dari blog Anda.

Anda juga dapat mencari kegiatan afiliasi yang lebih spesifik. Sebagai contoh, banyak fotografer menggunakan produk dengan Nikon. Jika Anda melaksanakan pencarian Google untuk kegiatan afiliasi Nikon, Anda akan menemukan kegiatan untuk toko kamera yang menjual peralatan Nikon, layanan yang menyewa peralatan Nikon, dan majalah yang mendidik fotografer perihal peralatan Nikon.

Cara lain untuk menemukan peluang memonetisasi ialah melaksanakan blog walking sambil melihat apakah ada perusahaan yang mau memasang iklan pada niche pilihan Anda tersebut. Jika ada,itu peluang yang sangat indah untuk sekalian mempromosikan blog dengan pilihan Anda tersebut.

Jika niche Anda baik, Anda juga bisa memonetiskan blog Anda di Google Adsense dengan layan PPC. Anda akan di bayar dengan syarat ada orang yang mengklik iklan yang di pasang di blog Anda. Namun tidaklah mudah dalam hal pendaftaran jadi publiser iklan Google Adsese,tapi jikalau sudah terdaftar hal ini sangat menjanjikan dala hal penghasilan.

Mempersempit Pilihan Niche Blog Anda

Sekarang ada tiga pertanyaan utama untuk membantu Anda memilih niche - Anda tertarik, orang lain tertarik, dan Anda dapat menghasilkan uang itu - Dari tiga pertanyaan itu simpulkan dan jadikan satu. Jika Anda sudah menemukan pertanyaan dengan hanya satu niche dalam pikiran, maka Anda siap untuk memulai blog Anda.

Jika Anda sudah yakin hanya satu dari beberapa pilihan , Anda mungkin sudah siap untuk membangun blog Anda dengan baik. Apapun topik atau niche memang haruslah fokus pada satu. Dengan cara ini, Anda dapat membuat taktik peluncuran blog yang solid untuk satu blog dan memperbaiki dengan setiap peluncuran blog berikutnya.

Kesimpulannya dari pilihan niche di atas adalah

Jangan hanya melompat ke-niche spesifik blogging tanpa rencana. Pastikan pilihan niche Anda ialah sesuatu yang akan tetap ada (sama) dari tahun ke tahun. Dengan kepentingan pribadi, kepentingan dari orang lain, dan kemampuan untuk menciptakan pendapatan, niche blog Anda bisa menjadi perjuangan yang sukses!
Previous
Next Post »