Apa Itu Link Juice?

Apa Itu Link Juice? Link juice ialah istilah yang digunakan di dalam dunia SEO yang mengacu pada kekuatan otoritas  inbound link "masuk" ke situs Anda. Inbound link tersebut dapat membantu situs Anda untuk menduduki peringkat baik di search engine (mesin pencari), saat situs Anda sudah menerima link juice yang cukup dan kompetitif dari kompetitor Anda. Selanjutnya, kata kunci yang digunakan dari situs pihak ketiga untuk outbound link (link keluar) ke situs Anda  menggunakan istilah atau kata kunci yang sama dengan situs Anda. Dengan begitu kata kunci yang Anda target mudah terbaca oleh search engine dari banyak sekali sumber dan itu membantu search engine memastikan bahwa situs Anda memiliki kualitas dan relevansi untuk menempati peringkat tinggi di hasil pencarian Google, Yahoo, dan Bing.

Ada beberapa pratisi SEO yang menyaatakan bahwa link juice tidak akan lulus atau tidak di hitung apa bila tidak menerima klik oleh manusia, namun ada yang menyatakan bahwa link juice tetap lulus walau tidak diklik oleh manusia. Contoh sederhana, bagaimana link spam mampu menjadi backlink padahal tidak pernah menerima klik oleh insan manapun tapi tetap terindex oleh Google. Logikanya jikalau link yang ditanam tersebut menerima klik oleh orang itu lebih cepat terindex alasannya ialah boot google mengikuti sedangkan jikalau link yang kita tanam tidak menerima klik oleh orang itu tetap terindex tetapi sedikit lebih lama dari pada link yang menerima klik oleh orang.

Lalu Bagaimana Caranya Mendapatkan Link Juice?

Ada banyak cara untuk menerima linkjuice dari situs pihak ketiga melalui perjuangan pribadi dan tidak langsung.

  • Usaha pribadi berafiliasi dengan taktik link building seperti melakukan submit di social bookmark, blogwalking, guestbook, share di media sosial, berkomentar di forum dan sebagainya.
  • Usaha tidak pribadi diperoleh dari menyajikan konten yang berkualitas di situs Anda. Ini bukan cara yang mudah dilakukan namun cara ini terbilang jitu tanpa  Anda mebangun backlink Anda menerima backlink secara gratis dan berkualitas alami yang di berikan oleh pembaca situs Anda dengan ikhlas.

Lalu Bagaimana Mengukur Kekuatan Link Juice?

Tolak ukurnya dapat dilihat dari tingkat kepopuleran sebuah website tersebut, semakin populer website tersebut maka akan memiliki nilai Link Juice yang tinggi. Tingkat kepopuleran sebuah website dapat dihitung dari jumlah dan kualitas backlink yang dimiliki oleh website tersebut.

Link juice dan backlink tidak akan bernilai sama. Google melalui juru bicara Matt Cutts mengatakan, bahwa algoritma google mencari tahu backlink yang cantik dari outbound pihak ketiga itu tergantung pada popularitas halaman website dan kemudian dibagi dengan banyak sekali outbound link yang mengarah ke banyak sekali situs . Jadi, jikalau Anda menerima inbound link dari website yang memiliki outbound link banyak akan di bagi sama rata dengan website yang di hubungkan tanpa mengurangi jumlah backlink yang dimiliki website tersebut.

Nah dari pernyataan Matt Cutts tersebut, banyak praktisi SEO yang menyimpulkan bahwa membangun backlink lebih cantik menggunakan blog dummy dari pada melalui guestbook atau forum. Itu alasannya ialah blog dummy hanya akan mengarahkan ke satu link yaitu situs utama Anda, namun jikalau Anda membangun backlink melalui guestbook dan forum, Anda harus rela mengembangkan backlink dari situs yang lain.
Previous
Next Post »